Sekda Lutim Pimpin Upacara Otda Ke XXIII dan Harkonas 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU TIMUR - Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli, menjadi pemimpin upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXIII dirangkaikan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019, lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (25/04/2019).

Upacara ini diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Luwu Timur dengan tema peringatan kali ini adalah “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli, membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menekankan tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dari otonomi daerah.

Pertama, otonomi daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kedua, otonomi daerah telah mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. "Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut serta membangun daerahnya," jelas Bahri.

Ketiga, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif.

"Melalui kebijakan desentralisasi, Pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat," ungkapnya.

Upacara Hari Otonomi Daerah ini juga dirangkaikan dengan Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019, yang mengusung Tema "Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya".

Terkait Harkonas, Bahri Suli berharap, melalui Harkonas tahun ini dapat lebih meningkatkan pemahaman terhadap hak konsumen akan informasi yang benar, jelas dan jujur, serta mampu menjadi agen perubahan dan penentu ekonomi nasional melalui gerakan konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk dalam negeri. (***)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita